Kontribusi Berita dan Konten

Anda dapat mengirimkan konten ataupun berita yang ingin anda tayangkan di situs PPHP. Berita ataupun konten yang anda kirimkan akan kami periksa terlebih dahulu sebelum ditayangkan. Silahkan login melalui form di bawah ini atau registrasi jika belum menjadi anggota dengan mengisi data anda dengan lengkap. Pastikan kotak isian yang bertanda (*) terisi dengan benar. Dengan mengirimkan berita/content kepada PPHP berarti anda sudah membaca dan menyetujui persetujuan untuk menjadi kontributor.


belum menjadi anggota? daftar disini
×

Registrasi User

Silahkan isi form di bawah ini dengan mengisi data anda dengan lengkap. Pastikan kotak isian yang bertanda (*) terisi dengan benar. Dengan mengirimkan berita/content kepada PPHP berarti anda sudah membaca dan menyetujui persetujuan untuk menjadi kontributor.

×

Aturan persetujuan pengiriman konten

Pengunjung yang terhormat, Pengiriman berita/konten ke situs PPHP diharapkan dan diharuskan memenuhi persetujuan yang ada seperti dibawah ini. Hal ini dilakukan untuk menghindari hal-hal yang tidak diinginkan dan juga untuk menjaga keakuratan data yang nantinya akan tersimpan di situs ini. Adapun beberapa point yang harus diperhatikan antara lain:

Saya setuju, lanjutkan ke pendaftaran atau login

×
Home  » Informasi » Pengolahan Hasil Pertanian » Pengolahan Peternakan

Menyongsong Hari Susu Nusantara 2012

Menteri Pertanian telah mengeluarkan keputusan nomor 2182/Kpts/PD.420/ 5/2009 tentang penetapan “Hari Susu Nusantara (HSN)”  yang jatuh tanggal 1 Juni. Penetapan Hari Susu Nusantara ini  dilatarbelakangi oleh Peringatan Hari Susu Sedunia (World Milk Day) yang telah dilakukan oleh FAO (sejak tahun 2000 dengan alasan untuk Menyebarluaskan informasi mengenai manfaat susu, Mengajak masyarakat luas mengkonsumsi susu sebagai makanan cair yang bermanfaat bagi tubuh dan meningkatkan industri susu yang menguntungkan bagi peternak sapi perah.

Sejak pencanangannya, negara-negara lain di dunia, seperti Jerman, Australia, Cina, India, Malaysia, Thailand, turut berpartisipasi untuk merayakan Hari Susu Sedunia untuk meningkatkan konsumsi susu per kapita dan meningkatkan industri persusuan. Beberapa dari negara tersebut, seperti Cina, akhirnya mencanangkan Hari Susu Nusantara di negara masing-masing.

Dalam pelaksanaan Peringatan HSN tahun 2012 di Indonesia dalam hal ini Kementerian Pertanian  akan menyelenggarakan berbagai rangkaian kegiatan yang dimulai bulan Mei 2012, melibatkan berbagai pemangku kepentingan di bidang persusuan nasional.

Tema Peringatan Hari Susu Nusantara tahun 2012 adalahMinum Susu Segar Tubuh Bugar Otak Pintar.  bertujuan Meningkatkan kesadaran masyarakat akan pentingnya minum susu, dan Meningkatkan konsumsi susu per kapita masyarakat Indonesia demi terwujudnya peningkatan kualitas gizi bangsa.

Peringatan Hari Susu Nusantara akan berlangsung pada tanggal 2 Juni 2012 di Jogja Expo Center, Yogyakarta.  Pada acara tersebut rencananya akan dihadiri Wakil Presiden RI dan Kementerian terkait (Menteri Koordinator Bidang Kesejahteraan Rakyat, Menteri Koordinator Bidang Perekonomian, Menteri Pendidikan dan Kebudayaan, Menkop UKM, Menteri Pemuda dan Olahraga, Menteri Perindustrian dan Menteri Kesehatan, Menteri Pembangunan Daerah Tertinggal, Menteri Pemberdayaan Perempuan dan Perlindungan Anak, Menteri BUMN dan stakeholders terkait) pusat dan daerah.

Serangkaian acara menjelang hari puncak, selama bulan Mei-Juni 2012 diselenggarakan berbagai kegiatan antara lain seperti: Sepeda Gembira, Jalan Sehat, Gebyar Minum Susu, Seminar/Workshop Persusuan, Perlombaan (kontes ternak, paduan suara, memasak berbahan baku susu, lomba mewarnai); Demo pemerahan susu, Minum susu gratis, Talk show/dialog interaktif (Menteri Pertanian, Mendiknas, Menkop UKM, Stakeholder persusuan), Pameran, dll

Pada acara puncak nantinya, akan ditandatangani MoU antara Menteri  Pendidikan dan Kebudayaan dengan Menteri Pertanian dalam rangka Peningkatan Konsumsi Susu Segar Bagi Anak Usia Dini dan Usia Sekolah Dasar;

Disamping rangkaian acara tersebut Direktur Jenderal PPHP juga menghimbau kepada Dinas Pertanian/Peternakan Seluruh Propinsi  bersama-sama stakeholders persusuan terkait untuk berpartisipasi dalam mensukseskan Peringatan HSN 2012 dengan menyelenggarakan berbagai kegiatan dalam rangka mendorong “Program Gerakan Minum Susu” di daerah masing-masing yang dapat dimulai pada Bulan Me 2012. (Roh/AS).



Artikel Lain

PERHITUNGAN ANALISA KELAYAKAN USAHA
Penggunaan: UPJA Mesin Perontog (Power Thresher)

Diasumsikan bahwa:

kg/jam
HP
tahun
jam/hari
hari/tahun
per orang
orang
%
kg

1. Biaya Tetap

2. Biaya Tidak Tetap

3. Benefit Cost Ratio

4. Break Event Point
ton/tahun
hektar/tahun
hektar/musim

5. Pay Back Period
tahun
tahun
×