Kontribusi Berita dan Konten

Anda dapat mengirimkan konten ataupun berita yang ingin anda tayangkan di situs PPHP. Berita ataupun konten yang anda kirimkan akan kami periksa terlebih dahulu sebelum ditayangkan. Silahkan login melalui form di bawah ini atau registrasi jika belum menjadi anggota dengan mengisi data anda dengan lengkap. Pastikan kotak isian yang bertanda (*) terisi dengan benar. Dengan mengirimkan berita/content kepada PPHP berarti anda sudah membaca dan menyetujui persetujuan untuk menjadi kontributor.


belum menjadi anggota? daftar disini
×

Registrasi User

Silahkan isi form di bawah ini dengan mengisi data anda dengan lengkap. Pastikan kotak isian yang bertanda (*) terisi dengan benar. Dengan mengirimkan berita/content kepada PPHP berarti anda sudah membaca dan menyetujui persetujuan untuk menjadi kontributor.

×

Aturan persetujuan pengiriman konten

Pengunjung yang terhormat, Pengiriman berita/konten ke situs PPHP diharapkan dan diharuskan memenuhi persetujuan yang ada seperti dibawah ini. Hal ini dilakukan untuk menghindari hal-hal yang tidak diinginkan dan juga untuk menjaga keakuratan data yang nantinya akan tersimpan di situs ini. Adapun beberapa point yang harus diperhatikan antara lain:

Saya setuju, lanjutkan ke pendaftaran atau login

×
Home  » Informasi » Pasar Internasional » Profil Pasar

Media Informasi Online Rempah dan Jamu Indonesia

logo spices-jamucenterIndonesia merupakan salah satu Negara penghasil rempah terbesar di dunia. Beberapa komoditas rempah asli Indonesia sudah terkenal di dunia internasional karena khasiatnya. Bahkan Eropa telah mengarungi puluhan ribu kilometer untuk mencari rempah Indonesia pada masa penjajahan.

Perkembangan rempah Indonesia sudah mengalami kemajuan yang cukup baik. Beberapa program peningkatan produksi dan produktivitas rempah telah banyak dilakukan oleh Kementerian Pertanian. Selain itu dari sisi pengolahan dan pemasaran produk-produk rempah, Kementerian Pertanian juga telah menggalakan suatu program peningkatan nilai tambah dan daya saing produk rempah Indonesia. Salah satu produk olahan dari rempah adalah Jamu yang juga sudah dikenal sebagai warisan budaya masyarakat Indonesia dalam pengobatan penyakit, perawatan sehari-hari untuk kesehatan, kecantikan, kebugaran tubuh, makanan dan minuman.  

Dalam rangka memberikan informasi kepada masyarakat luas mengenai perkembangan komoditas rempah dan jamu Indonesia, maka pada tanggal 18 September 2012, Bapak Menteri Pertanian berkenan meluncurkan Unit Layanan Informasi dan Promosi  Rempah dan Jamu (Spices and Jamu Center). Unit ini juga memiliki website yang dapat diakses oleh masyarakat luas melalui www.spices-jamucenter.pphp.deptan.go.id.

Kehadiran website tersebut adalah sebagai salah satu upaya Pemerintah untuk mendekatkan diri dengan masyarakat. Diharapkan website tersebut dapat digunakan sebagai media komunikasi dan media penyampaian pendapat dari seluruh kalangan masyarakat.

Dalam website tersebut disampaikan bahwa visi Unit layanan informasi dan promosi Rempah dan Jamu (Spices & Jamu Center) adalah sebagai suatu unit pelayanan masyarakat yang handal untuk mewujudkan Indonesia sebagai produsen Rempah dan Jamu terkemuka di dunia. Sedangkan misi Unit Layanan Informasi dan Promosi Rempah dan Jamu (Spices and Jamu Center) adalah mengembangkan sebuah unit pelayanan masyarakat terkait dengan Rempah dan Jamu.

Website tersebut juga memberikan beragam informasi untuk masyarakat seperti sejarah rempah dan jamu, khasiat rempah dan jamu, data ekspor dan impor 9 komoditas rempah unggulan Indonesia serta memberikan fasilitas interaksi antar pemangku kepentingan khususnya pelaku usaha untuk menyampaikan penawaran dan permintaan akan komoditi rempah dan produk-produk jamu (wi2n).



Artikel Lain

PERHITUNGAN ANALISA KELAYAKAN USAHA
Penggunaan: UPJA Mesin Perontog (Power Thresher)

Diasumsikan bahwa:

kg/jam
HP
tahun
jam/hari
hari/tahun
per orang
orang
%
kg

1. Biaya Tetap

2. Biaya Tidak Tetap

3. Benefit Cost Ratio

4. Break Event Point
ton/tahun
hektar/tahun
hektar/musim

5. Pay Back Period
tahun
tahun
×