Kontribusi Berita dan Konten

Anda dapat mengirimkan konten ataupun berita yang ingin anda tayangkan di situs PPHP. Berita ataupun konten yang anda kirimkan akan kami periksa terlebih dahulu sebelum ditayangkan. Silahkan login melalui form di bawah ini atau registrasi jika belum menjadi anggota dengan mengisi data anda dengan lengkap. Pastikan kotak isian yang bertanda (*) terisi dengan benar. Dengan mengirimkan berita/content kepada PPHP berarti anda sudah membaca dan menyetujui persetujuan untuk menjadi kontributor.


belum menjadi anggota? daftar disini
×

Registrasi User

Silahkan isi form di bawah ini dengan mengisi data anda dengan lengkap. Pastikan kotak isian yang bertanda (*) terisi dengan benar. Dengan mengirimkan berita/content kepada PPHP berarti anda sudah membaca dan menyetujui persetujuan untuk menjadi kontributor.

×

Aturan persetujuan pengiriman konten

Pengunjung yang terhormat, Pengiriman berita/konten ke situs PPHP diharapkan dan diharuskan memenuhi persetujuan yang ada seperti dibawah ini. Hal ini dilakukan untuk menghindari hal-hal yang tidak diinginkan dan juga untuk menjaga keakuratan data yang nantinya akan tersimpan di situs ini. Adapun beberapa point yang harus diperhatikan antara lain:

Saya setuju, lanjutkan ke pendaftaran atau login

×
Home  » Informasi » Mutu dan Standardisasi » Pengawasan Jaminan mutu Hasil Pertanian

BIMBINGAN TEKNIS PETUGAS PENGAMBIL CONTOH

Maraknya peredaran produk pangan yang ditemui dan diperoleh masyarakat baik di perkotaan maupun di pedesaan, yang berdampak terhadap tingginya, meningkatnya sistem pengawasan produk pangan yang beredar sehingga layak untuk dikonsumsi. Oleh karenanya Direktorat Mutu dan Standardisasi tergagas untuk melakukan pelaksanaan jaminan keamanan pangan melalui bimbingan teknis SDM calon Petugas Pengambilan Contoh (PPC) dilapangan terkait dengan sistem manajemen mutu secara terpadu mulai dari hulu on-farm hingga hilir out-farm yang diselenggarakan pada tanggal 18 – 21 Agustus 2009 di Hotel Mirah Sartika, Bogor. Peserta ikut serta dalam Bimbingan Teknis Calon Petugas Pengambil Contoh berasal dari provinsi 10 (sepuluh) propinsi yakni Jawa Barat, Jawa Timur, Sumatera Barat, Daerah Istimewa Yogyakarta, Sulawesi Selatan, Lampung, DKI Jakarta, Sumatera Selatan, Sumatera Utara dan Bangka Belitung dengan total peserta sebanyak 30 orang. Materi bimbingan yang disampaikan pada meliputi : Kebijakan Mutu dan standardisasi, Kebijakan Tentang Standardisasi dan Pengawasan Mutu Barang, Sistem Sertifikasi / Registrasi Petugas Pengambil Contoh, Sistem Mutu Pengambilan Contoh, Metode Pengambilan Contoh Produk Pangan Spesifik, Pengetahuan Tentang Komoditi Hasil Tanaman Pangan, Pengetahuan Tentang Komoditi Hasil Hortikultura, Pengetahuan Tentang Komoditi Hasil Perkebunan, Pengetahuan Teknis Pengambilan Contoh, Pengetahuan Tentang Komoditi Hasil Ternak, Penjelasan untuk Praktek Pengambilan Contoh melalui Praktek / Simulasi dilaksanakan di PT. Saung Mirwan. Perusahaan yang bergerak di komoditi tanaman sayuaran dan tanaman hias. Serta untuk menentukan tingkat pemahan dan penguasaan materi bimbingan ditentukan melalui diskusi kelompok terkait hasil praktek evaluasi lapangan serta ujian tertulis lainnya. Harapan atas hasil bimbingan teknis kepada calon petugas pengambil contoh agar mampu menguasai dan mengaplikasikan pelaksanaan sistem jaminan keamanan pangan serta mampu memecahkan permasalahan jaminan mutu dan keamanan pangan yang layak untuk dikonsumsi oleh masyarakat.
(Sumber : Direktorat Mutu dan Standardisasi/DN/10/09)



Artikel Lain

PERHITUNGAN ANALISA KELAYAKAN USAHA
Penggunaan: UPJA Mesin Perontog (Power Thresher)

Diasumsikan bahwa:

kg/jam
HP
tahun
jam/hari
hari/tahun
per orang
orang
%
kg

1. Biaya Tetap

2. Biaya Tidak Tetap

3. Benefit Cost Ratio

4. Break Event Point
ton/tahun
hektar/tahun
hektar/musim

5. Pay Back Period
tahun
tahun
×