Kontribusi Berita dan Konten

Anda dapat mengirimkan konten ataupun berita yang ingin anda tayangkan di situs PPHP. Berita ataupun konten yang anda kirimkan akan kami periksa terlebih dahulu sebelum ditayangkan. Silahkan login melalui form di bawah ini atau registrasi jika belum menjadi anggota dengan mengisi data anda dengan lengkap. Pastikan kotak isian yang bertanda (*) terisi dengan benar. Dengan mengirimkan berita/content kepada PPHP berarti anda sudah membaca dan menyetujui persetujuan untuk menjadi kontributor.


belum menjadi anggota? daftar disini
×

Registrasi User

Silahkan isi form di bawah ini dengan mengisi data anda dengan lengkap. Pastikan kotak isian yang bertanda (*) terisi dengan benar. Dengan mengirimkan berita/content kepada PPHP berarti anda sudah membaca dan menyetujui persetujuan untuk menjadi kontributor.

×

Aturan persetujuan pengiriman konten

Pengunjung yang terhormat, Pengiriman berita/konten ke situs PPHP diharapkan dan diharuskan memenuhi persetujuan yang ada seperti dibawah ini. Hal ini dilakukan untuk menghindari hal-hal yang tidak diinginkan dan juga untuk menjaga keakuratan data yang nantinya akan tersimpan di situs ini. Adapun beberapa point yang harus diperhatikan antara lain:

Saya setuju, lanjutkan ke pendaftaran atau login

×
Home  » Informasi » Mutu dan Standardisasi » Penerapan Jaminan Mutu Hasil Pertanian

Sosialisasi Jabatan Fungsional Pengawas Mutu Hasil Pertanian (PMHP)

PPHP News,    Jabatan  Fungsional Pengawas Mutu  Hasil  Pertanian (PMHP) telah ada  sejak terbitnya  Peraturan Menteri Pendayagunaan Aparatur Negara tentang Jabatan Fungsional Pengawas Mutu Hasil Pertanian (PMHP) yaitu Permenpan Nomor : Per /17 /MPAN/ 4 / 2006. Merupakan salah satu upaya pemerintah dalam melakukan pengawasan mutu dan keamanan pangan, sebagai instrumen pengawasan dan pengujian pangan hasil pertanian mulai dari budidaya sampai dipasarkan.  Mutu dan keamanan pangan bukan hanya merupakan menyangkut kepedulian individu akan tetapi merupakan isu dunia yang berhubungan dengan perdagangan pangan

Akan tetapi keberadaan petugas dibandingkan kebutuhan ideal di lapangan masih lebar kesenjangannya.  Andaikan setiap Provinsi dan Kabupaten/Kota ada empat sektor komoditi pertanian (Tanaman Pangan Hortikultura, perkebunan dan Peternakan) dan masing masing ada satu orang Petugas yang hadir, maka dibutuhkan lebih  dari  60.000 orang petugas. Sampai saat  ini ketersediaan petugas Fungsional PMHP masih berjumlah sekitar  500 orang.

Pada tanggal 4 April 2013, dilangsungkan sosialisasi kebutuhan  Jabatan  Fungsional Pengawas Mutu  Hasil  Pertanian  di Bandung.  Sosialisasi dibuka oleh Kepala Dinas Peternakan Provinsi Jawa Barat.  Pesertanya berasal dari aparatur Dinas lingkup pertanian Provinsi/Kabupaten/Kota, Badan Kepegawaian Daerah Provinsi dan Kabupaten/Kota. Otoritas Kompeten Keamanan Pangan Daerah (OKKP-D) Provinsi Jawa Barat.  Sebagai Narasumber utama hadir Direktur Mutu dan Standardisasi  Ditjen Pengolahan  dan Pemasaran Hasil Pertanian.  Kegiatan serupa  direncanakan berlangsung di 16 Provinsi.

Pemerintah Daerah diharapkan dapat membuka formasi bagi Pegawai yang berminat masuk  Jabatan  Fungsional Pengawas Mutu  Hasil  Pertanian (PMHP) mengingat tugas dan fungsinya  serta kebutuhannya besar (Yn, Dit Mustan)
 



Artikel Lain

PERHITUNGAN ANALISA KELAYAKAN USAHA
Penggunaan: UPJA Mesin Perontog (Power Thresher)

Diasumsikan bahwa:

kg/jam
HP
tahun
jam/hari
hari/tahun
per orang
orang
%
kg

1. Biaya Tetap

2. Biaya Tidak Tetap

3. Benefit Cost Ratio

4. Break Event Point
ton/tahun
hektar/tahun
hektar/musim

5. Pay Back Period
tahun
tahun
×