Beranda | Kembali ke halaman sebelumnya

BERITA UTAMA

Dirjen PPHP Resmikan Packinghouse Kelompok Tani Ki Gebang Kabupaten Cirebon
Dikirim 20 Januari 2012 by Kimcil - Dilihat: 1490

Dirjen Pengolahan dan Pemasaran Hasil Pertanian (PPHP), Zaenal Bachruddin, meresmikan penggunaan Packinghouse Mangga di Kelompok Tani Ki Gebang Desa Munjul, Kecamatan Astanajapura, Kabupaten Cirebon, Jumat (13/01).

Pada peresmian terebut, Dirjen PPHP didampingi oleh Direktur Pemasaran Internasional, Direktur Pengolahan Hasil Pertanian, Sekretaris Daerah Kabupaten Cirebon, dan Kepala Dinas Pertanian, Perkebunan, Peternakan dan Kehutanan (Distanbunnakhut) Kabupaten Cirebon. Packinghouse yang diresmikan merupakan bantuan Direktorat Jenderal Pengolahan dan Pemasaran Hasil Pertanian tahun anggaran 2011 melalui program 2 in 1.

Dalam sambutannya, Dirjen PPHP menyampaikan ketertarikannya untuk hadir dalam acara ini adalah dalam rangka mengangkat potensi hortikultura buah dan sayur yang telah menyumbangkan surplus perdagangan sebesar USD 18 milyar.

Dari empat target pembangunan pertanian, target peningkatan nilai tambah dan daya saing dapat dicapai melalui ekspor produk Indonesia ke mancanegara. Sedangkan hasil dari nilai tambah tersebut diharapkan dapat meningkatkan kesejahteraan petani. Untuk itu, pembangunan yang dilaksanakan ditujukan agar seluruh masyarakat dapat maju bersama. “Pada prinsipnya kita menghendaki adanya kemajuan bersama untuk seluruh komponen masyarakat”. Hal ini didukung oleh potensi agraris yang dimiliki Indonesia sehingga pertanian merupakan ujung tombak pembangunan Nasional.

Hal lain yang disampaikan Dirjen PPHP adalah pentingnya melakukan peremajaan tanaman. “Saya menghimbau Pemerintah Daerah dapat melakukan pembinaan untuk peremajaan pohon mangga agar produksi dan produktivitas tetap terjaga”.

Merespon himbauan tersebut, Kepala Dinas Pertanian, Perkebunan, Peternakan dan Kehutanan (Distanbunnakhut) Kabupaten Cirebon menyampaikan bahwa pada tahun anggaran 2012 Pemerintah Daerah Kabupaten Cirebon mengalokasikan dana sebesar 1,5 milyar rupiah untuk bantuan bibit pohon mangga gedong gincu dan 1 milyar rupiah untuk bantuan pupuk organik.[dds/pi/php]

Berita Utama Lainnya