Beranda | Kembali ke halaman sebelumnya

BERITA UTAMA

Rapat Koordinasi Pemantapan Perencanaan Program PPHP TA 2013
Dikirim 22 Juni 2012 by  - Dilihat: 1479

Pelaksana Tugas Dirjen Pengolahan dan Pemasaran Hasil Pertanian (PPHP), Banun Harpini membuka Rapat Koordinasi Pemantapan Perencanaan Program PPHP TA 2013, Selasa malam (19/06) di Medan, Sumatera Utara.

 

Dalam pengarahan kegiatan, Banun Harpini mengutarakan “Kita harus mencari titik ungkit (laverage) yang paling kuat agar pengolahan dan pemasaran hasil pertanian dapat menjadi peningkat nilai tambah”.  Hal ini terkait dengan terkaitnya kegiatan Ditjen PPHP pada empat target suukses Kementerian Pertanian yaitu swasembada dan swasembada berkelanjutan, diversifikasi pangan, peningkatan nilai tambah dan daya saing, dan peningkatan kesejahteraan petani.

 

“Ketika target Kementerian Pertanian telah dicapai yaitu surplus beras sepuluh juta ton pada tahun 2014, maka perlu dijaga dengan melakukan penanganan, pengolahan, penyimpanan dan pengemasan termasuk beras berlabel, dan peningkatan mutu beras” lanjut Banun. Salah satu pengungkit kegiatan tersebut adalah insentif harga.

 

Rencana pembangunan pengolahan dan pemasaran hasil pertanian tetap diarahkan dalam rangka meningkatkan nilai tambah dan daya saing produk pertanian. Untuk mewujudkan hal tersebut perlu disusun rencana kegiatan yang terfokus (lokasi dan kegiatan), terpadu (hulu – hilir) dan sinergis dengan pendekatan kawasan.

 

Rapat Koordinasi dilaksanakan selama 3 hari, tanggal 19 - 21 Juni 2012,  dengan tujuan untuk mengkoordinasikan beberapa kebijakan perencanaan yaitu arah pembangunan Ditjen PPHP Tahun Anggaran 2013, perencanaan program nilai tambah dan daya saing produk pertanian, dan format pembinaan bagi UP3HP di daerah. Selain itu dilakukan pula pembahasan kegiatan dekonsentrasi dan tugas pembantuan pengolahan dan pemasaran hasil pertanian yang akan dialokasikan untuk tahun anggaran 2013.

 

Peserta Rakor adalah Kepala Dinas dan Kepala Bidang dari Dinas lingkup pertanian yang menangani kegiatan pengolahan dan pemasaran hasil pertanian.

[dds/pi/pphp]

Berita Utama Lainnya