Beranda | Kembali ke halaman sebelumnya

Informasi Umum

PERTEMUAN PENYUSUNAN RKA-KL DIREKTORAT JENDERAL PPHP TA. 2013
Dikirim 20 Juli 2012 by Kimcil - Dilihat: 1858

Pertemuan ini sangat penting merupakan upaya memadukan dan menyamakan gerak serta langkah untuk memadukan kegiatan pengolahan dan pemasaran hasil pertanian di daerah. Dana APBN yang dialokasikan untuk pembangunan pengolahan dan pemasaran hasil pertanian tahun anggaran 2013, sebesar Rp. 703,2 Milyar atau meningkat 183,6 Milyar dar anggaran tahun anggaran 2012. Dukungan anggaran Ditjen PPHP di prioritaskan untuk mendukung 5 komoditas strategis Kementerian Pertanian yaitu padi, jagung, kedelai, daging dan gula. Anggaran yang dialokasikan tersebut hanya bersifat stimulant (pemacu dan pemicu) bagi kelompok sasaran. Hal ini diharapkan akan terbangun jaringan dan sharing serta partisipasi dari para pelaku usaha serta pemerintah daerah setempat melalui APBD Provinsi/Kota maupun dari pihak swasta.

Tujuan pertemuan ini adalah untuk menyamakan persepsi dan koordinasi antara kabupaten, provinsi dan pusat dalam perencanaan program kegiatan Ditjen. PPHP TA. 2013, serta meningkatkan kesiapan dan keterpaduan pelaksanaan program dan kegiatan pembangunan pertanian khususnya terkait dengan pengolahan dan pemasaran hasil pertanian. Pertemuan ini merupakan langkah tindak lanjut dari Pertemuan Pra MUSRENBANGTAN, MUSRENBANGTAN dan Rapat Koordinasi Pemantapan Perencanaan Program TA. 2013 tanggal 19-21 Maret 2012 di Medan.

Dalam Pertemuan Penyusunan RKA-KL ini bertujuan untuk menyusun dokumen RKA-KL Dana Dekon dan Dana Tugas Pembantuan dari masing-masing Satker yang nantinya akan dilengkapi dengan TOR, RAB dan data dukung lainnya.

Untuk lebih memberikan wacana dalam penyusunan RKA-KL, hadir perwakilan dari Direktorat Jenderal Anggaran dan Direktorat Jenderal Perbendaharaan Kemneterian Keuangan RI. Keluaran atas penyelenggraan kegiatan ini adalah 1. Tersusunya Data RKA-KL kegiatan Ditjen PPHP TA. 2013 Tingkat Provinsi, Kabupaten/Kota seluruh Indonesia dan 2. Tercapainya pemantapan dan persiapan pelaksanaan kegiatan Ditjen PPHP TA. 2013 serta meningkatkan koordinasi antara Pemerintah Provinsi dan Pemerintah Kabupaten/Kota tentang Penyusunan Rencana dan Persiapan Pelaksanaan Kegiatan. (ERY)

Artikel Lainnya