Beranda | Kembali ke halaman sebelumnya

Pengolahan Hasil Pertanian

Workshop Revitalisasi Penggilingan Padi
Dikirim 05 April 2012 by  - Dilihat: 3582

PPHP-News

Makassar, Dalam rangka mendukung surplus beras 10 juta ton telah diselenggarakan kegiatan workshop revitalisasi penggilingan padi yang berlangsung tanggal 17-19 juli 2011 di Makassar yang dibuka oleh Dirjen Pengolahan dan Pemasaran Hasil Pertanian Dr. Ir. Zaenal Bachrudin, MSc.

Dalam sambutannya Dirjen PPHP mengatakan bahwa revitalisasi harus dilakukan secara menyeluruh sehingga penggilingan padi mempunyai pilar yang kokoh. Tiga pilar revitalisasi penggilingan padi yaitu : (1) Revitalisasi bidang teknologi dengan menambah/mengganti peralatan yang rusak sehingga berfungsi kembali atau penyediaan unit penggilingan padi yang baru; (2) Revitalisasi kelembagaan untuk menjadikan kelembagaan Gapoktan yang sehat, mempunyai legalitas secara hukum dan teregistrasi; (3) Revitaliasai Permodalan/Pembiayaan dilakukan dengan memudahkan akses Gapoktan atau usaha penggilingan padi kepada sumber-sumber pembiayaan, serta menggandeng mitra usaha yang diharapkan akan menjadi sumber pembiayaan.

Dalam kegiatan ini juga dilangsungkan penyerahan RMU secara simbolis oleh Dirjen PPHP kepada gapoktan. Acara ini dihadiri oleh 100 orang peserta yang terdiri dari unsur Dinas Pertanian Provinsi dari seluruh Indonesia, Dinas Kabupaten/Kota Penerima Dana TP Pengembangan Usaha dan Kemitraan Penggilingan Padi Tahun 2011 dan Gapoktan pengelola RMU bantuan Ditjen PPHP. (as/hs)

Artikel Lainnya